Mau Jadi Orang yang Bermanfaat dengan Menulis? Begini Caranya

Apakah Anda tertarik untuk jadi seorang penulis yang bermanfaat? Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh Anda untuk mulai berkarya., inilah dia:

Mau Jadi Orang yang Bermanfaat dengan Menulis? Begini Caranya

Sahabat, maukah Anda berguna dan bermanfaat untuk manusia yang lain dengan mudah dan gak perlu modal banyak?

Karena saya memilih salah satu jalan hidup untuk berkarya dengan menulis, maka pada kesempatan kali ini saya akan share kepada Anda bagaimana caranya jadi seorang penulis hebat.

Apakah Anda tertarik untuk jadi seorang penulis yang bermanfaat?

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh Anda untuk mulai berkarya., inilah dia:

1#Luruskan niatmu

Menjadi penulis hebat itu perlu digerakkan oleh hati sehingga pembaca akan mendapati hikmah dan mendapatkan ilmu dari apa yang dibacanya. 

Berbeda sekali dengan orang yang ingin cepat terkenal dan mendapatkan untung duniawi saja, atau dikejar deadline. 

Jangan seperti itu. Menulislah dengan ikhlas dan arahkan tujuanmu untuk mendapatkan ridho Allah, ingin bermanfaat atau mendapatkan amal jariyah. Ini baru penulis hebat.

2#Temukan ilmu dan Pengalaman

Sebuah ceret hanya mengeluarkan isinya, jika isinya kopi so pasti akan keluar kopinya. Namun, jika isinya air paret maka yg keluar pun sama. Begitu pula dengan tulisan yang kita rangkai, semuanya tergantung dari apa yang sering kita baca dan inputkan ke otak. Semakin banyak buku yang kita baca, video yang kita tonton, lagu yang kita dengar secara tak langsung jadi akan mempengaruhi pada tulisan kita.

Begitu pula dengan pengalaman dan latar pendidikan sahabat.

Mana mungkin kawan, seorang pemain bola yang tidak ada hubungannya dengan bisnis bisa menulis buku tentang bagaimana jadi pebisnis yang sukses. Hehe, bisa-bisa bukunya gak akan laku di pasaran. 

Akan berbeda jika seorang Cristiano Ronaldo mau mencurahkan isi hati dan strateginya bisa jadi pemain bola terbaik dan termahal di dunia, saya akan percaya bukunya pasti akan viral sejagat, booming deh. Dibicarakan dimana-mana.

Sekarang, tugas kita adalah menginput ilmu dari manapun, jangan lupa sertakan dengan pengalaman juga ya.

Oh ya, saran saya, tulislah sesuai dengan minat, bakat, gairah, dan passion Anda.

3#Berani memulai

Ketahuilah, ketakutan itu akan hadir menjelma menjadi nyata saat kita tak memberanikan diri untuk mendekatinya. Jadi sekarang, dekatilah ia, kawan, biar dia akan menjauh.

Saat engkau takut memulai, mulai saja. Takut salah kerjakan aja, nanti kita olah lagi, perbaiki lagi. Tak dapat waktu yang sesuai, cocok? Jangan beralasan lagi, semua waktu itu pas untuk memulai.

Masih bingung gak punya inspirasi? Baca dan lihat sekeliling kita ada banyak sekali inspirasi.
Tak ada kekalahan terbesar dalam hidup ini kecuali menunda apa yang bisaa kita lakukan sekarang juga.

4#Banyak Sabar

Untuk jadi penulis itu gak bisa instan, menulis gak bisa siap dalam hitungan detik dan tidaklah mudah. Ada juga godaan untuk stop, ada banyak alasan untuk dituruti, ada pula masalah di tengah jalan akan dihalangi. Namun, saat tulisan selesai dibuat dan sukses. 

Disitulah adanya proses menggunakan kesabaran, sebab cukup banyak sekali, jalan berduri yang harus dilewati penuh dengan cobaan untuk patahkan tekad kita menyelesaikannya.
Di sanalah kawan, terletak perjuangan penulis.

So, kawan-kawan sahabat steemian semuanya yang sedang belajar dan terjun ke dunia kepenulisan, bermanfaatlah dengan menulis, salah itu biasa, takut mencobalah yang binasa.

Demikian, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel ini sebelumnya sudah ditayangkan di steemit.com/@akhywali

COMMENTS

Name

Adsense,1,Astronomi,9,Bisnis,15,Blogging,22,Buku,10,Catatan,83,Cinta,5,Computer Science,34,Delphi,2,Dunia Kepenulisan,9,Freelancer,1,Gadget,2,Game,1,HUT RI 70,2,Ilmu Pengetahuan,2,Inspirasi Tokoh,1,Kepribadian,2,Kesehatan,1,Keuangan,1,Khotbah,4,KKN,7,Lifestyle,1,Matematika,1,Motivasi,13,Pengalaman,21,PIMNAS,2,Produktivitas,3,Professional,4,Resensi,3,Review,8,Sahabat,3,SEO,1,Smartphone,1,Startup,6,Student,41,Teknologi,15,Tips,20,Travelling,12,Tutorial,3,Vlogging,1,Wirausaha,31,Youtuber,1,
ltr
item
Muhammad Wali: Mau Jadi Orang yang Bermanfaat dengan Menulis? Begini Caranya
Mau Jadi Orang yang Bermanfaat dengan Menulis? Begini Caranya
Apakah Anda tertarik untuk jadi seorang penulis yang bermanfaat? Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh Anda untuk mulai berkarya., inilah dia:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiACwW9CagDGexLcXT99gHr_NSGX7oQ_m4tvDaQgLrv53IrbZO2odLeS5kcEosSYbsvORkD1_LN01z_qz6br_c5eeKak28VJCUvG_5PKDyBiDBlfZv0MYZWFy6IYpbyIDL0VO97upVs3YQ/s640/Cara+menulis+bermanfaat+untuk+orang+lain.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiACwW9CagDGexLcXT99gHr_NSGX7oQ_m4tvDaQgLrv53IrbZO2odLeS5kcEosSYbsvORkD1_LN01z_qz6br_c5eeKak28VJCUvG_5PKDyBiDBlfZv0MYZWFy6IYpbyIDL0VO97upVs3YQ/s72-c/Cara+menulis+bermanfaat+untuk+orang+lain.jpg
Muhammad Wali
https://akhywali.blogspot.com/2018/05/mau-jadi-orang-yang-bermanfaat-dengan.html
https://akhywali.blogspot.com/
https://akhywali.blogspot.com/
https://akhywali.blogspot.com/2018/05/mau-jadi-orang-yang-bermanfaat-dengan.html
true
5617546411537444367
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy